^^ MAKALAH PENGANTAR ILMU ANTROPOLOGI ^^


MAKALAH
 PENGANTAR ILMU ANTROPOLOGI
FACEBOOK, MODERNISASI KEBUDAYAAN KOMUNIKASI

Dosen Pengampu :
Drs. H. Bambang Suswanto, M.Si

Oleh :
Levina Saputri Wulansari
FIC011031

UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
2012


DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang………………………………………………………………………….1
B.     Rumusan Masalah…………………………………………………………………….…2
C.     Tujuan Penulisan……………………………………………………………………..….2
D.    Metode Penulisan……………………………………………………………………..…2
BAB II PEMBAHASAN
A.    Modernisasi Kebudayaan dan Peradaban di Era Globalisasi………………………......….3
B.     Komunikasi Tradisional, Masa Dahulu……………………………………………......….4
C.     Komunikasi Globalisasi……………………………………………………………....….5
D.    Sejarah dan Perkembangan Facebook……………………………………………….....10
E.     Dampak Facebook dalam Perubahan Kebudayaan Komunikasi dan Peradabab Masyarakat…………………………………………………………………………....11
F.      Analisi Kasus Facebook…………………………………………………………….....12
G.    Cara Pandang Pengguna Facebook………………………………………………….....13
H.    Hasil Penelitian………………………………………………………………………....14
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan………………………………………………………………………….....15
B.     Saran…………………………………………………………………………………...15
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………………......16
LAMPIRAN…………………………………………………………………………………...17


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Perubahan kebudayaan dan peradaban memang terjadi dalam setiap masyarakat karena masyarakat sendiri bersifat dinamis. Perubahan kebudayaan dan peradaban pun merupakan hal yang umum terjadi dalam setiap masyarakat dikarenakan manusia pada dasarnya bersifat selalu ingin melakukan perubahan dalam berkehidupan.
Kebudayaan dan peradaban pun berbeda. Kebudayaan dalam sudut pandang ilmu antropologi, merupakan keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan bermasyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar. Hal tersebut berarti bahwa hampir seluruh tindakan manusia adalah “kebudayaan” , karena hanya amat sedikit tindakan manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang tak perlu dibiasakan dengan belajar. Yaitu dengan hanya beberapa tindakan naluri, tindakan refleks, tindakan akibat proses fisiologi, atau kelakuan apabila ia sedang membabi buta.
 Peradaban adalah istilah yang sering digunakan utuk menyebut suatu kebudayaan yang mempunyai sistem teknologi, ilmu pengetahuan, seni bangunan, seni rupa, dan sistem kenegaraan dan masyarakat kota yang maju dan kompleks. Perubahan kebudayaan dan peradaban modernisasi dalam berkomunikasi pada era globalisasi telah terlihat dengan jelas, yaitu dengan adanya Facebook. Facebook merupakan salah satu jenis jejaring sosial dengan beberapa fasilitas yang memungkinkan penggunanya dapat berkomunikasi, menjalin pertemanan tingkat dunia, tanpa ada batasannya.

B.     Rumusan Masalah
 Dengan melihat latar belakang masalah, maka penulis merumuskan masalah :
1.      Bagaimana dampak facebook dalam perubahan kebudayaan dan peradaban era globalisasi dan modernisasi.

C.     Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah :
1.      Untuk memenuhi tugas terstruktur mata kuliah pengantar ilmu antropologi.
2.      Untuk menjadi referensi kepada masyarakat akan dampak facebook dalam kebudayaan dan peradaban.
3.      Untuk memberikan referensi kepada masyarakat tentang facebook.

D.    Metode Penulisan
Metode penulisan yang digunakan adalah :
1.      Studi Literatur, merupakan pencarian informasi dari berbagai sumber buku dan browsing di internet. Dalam penggunaan literatur, penulis mengambil sumber yang benar dan sesuai dengan topik penulisan makalah
2.      .Metode Penelitian, merupakan pencarian informasi langsung kepada masyarakat melalui kuisioner, dan wawancara.



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Modernisasi Kebudayaan dan Peradaban di Era Globalisasi
Modernisasi adalah proses perubahan masyarakat dengan pula kebudayaan dan peradabannya dari hal – hal yang bersifat tradisional menuju kepada modern. Globalisasi merupakan suatu kondisi meluasnya budaya yang seragam bagi seluruh masyarakat di dunia. Apabila proses globalisasi muncul akibat adanya arus informasi dan komunikasi, yaitu facebook. Maka seluruh masyarakat di dunia dapat saling mengenal, sehingga globalisasi sangat mudah menyebar di kalangan masyarakat Indonesia. Modernisasi facebook adalah rasionalisasi dalam perubahan kebudayaan dan peradaban komunikasi di era globalisasi.
            Tetapi dalam system ekonomi, modernisasi adalah merupakan sebuah rasionalisasi dalam pertumbuhan ekonomi secara makro. Modernisasi dalam komunikasi kebudayaan pun berkembang pesat, contohnya mengalami kemajuan pesat berkat kemajuan sains dan teknologi, khususnya media massa yang mampu meniadakan batasan territorial ( Syahrial Syarbaini dan Rusdiyanta, 2009:26 ).
Perubahan yang terjadi dalam bidang komunikasi di era globalisasi ini dapat dilihat dari jejaring social secara online, seperti facebook, twitter, friendster, kaskus, tumblr, blog, dan sebagainya. Dengan begitu segala akses informasi tingkat dunia akan mudah didapat oleh seluruh kalangan dan  tak ada batasannya.




B.     Komunikasi Tradisional, Masa Dahulu
Komunikasi merupakan usaha penyampaian informasi dari komunikator kepada komunikan. Komunikator adalah seseorang atau lebih yang memberikan atau menyampaikan informasi. Sedangkan komunikan adalah seseorang  yang menerima informasi yang telah disampaikan oleh komunikator. Cara berkomunikasi pada jaman dahulu adalah menggunakan komunikasi tradisional yaitu hanya berkomunikasi secara bertatap muka, tidak menggunakan peradaban teknologi seperti, facebook, internet, handphone, twitter dan sebagainya.
Dan memiliki dua hal proses – proses interaksi antara individu dalam masyarakat, yaitu kontak dan komunikasi. Kontak antara individu juga tidak hanya mungkin pada jarak dekat dengan misalnya “berhadapan muka”, juga tidak hanya pada jarak sejauh kemampuan pancaindera manusia. Kontak juga dapat dilakukan melalui surat, karena jaman dahulu kental dengan kerajaan dan surat menyurat. Komunikasi akan timbul setelah terjadi kontak antara keduanya.
Kontak belum dapat diartikan komunikasi, contohnya seperti terjadi apabila seseorang penerima surat tidak dapat membaca atau memaknai pesan surat tersebut. Sering juga terjadi bahwa makna dari pihak pertama berbeda dengan makna yang ditangkap oleh pihak kedua, dengan demikian tidak terjadi suatu komunikasi dan respons seperti yang diharapkan pihak pertama.

C.     Komunikasi Globalisasi
Komunikasi  merupakan penyampaian pesan atau informasi kepada manusia pihak kedua dari pihak pertama. Tanpa komunikasi tidak akan ada interaksi social atau kontak sosial serta tak aka nada kebudayaan yang tercipta dalam masyarakat. Komunikasi menggunakan bahasa, karena bahasa merupakan alat yang digunakan dan sangat penting dalam berkomunikasi. Kebudayaan dalam berbahasa sangatlah beragam. Negara Indonesia mempunyai beranekaragam kebudayaan dan setiap kebudayaan satu dengan yang lain memiliki bahasa yang berbeda – beda. Namun bahasa resmi atau wajib adalah bahasa Indonesia.
            Pada masa kini, cara berkomunikasi antar manusia adalah memanfaatkan atau menggunakan jejaring social yaitu, facebook. Serta peradaban teknologi pada era globalisasi pun mulai perkembang yaitu, smartphone , handphone , ipod dan alat komunikasi canggih lainnya. Perkembangan yang semakin cepat di bidang teknologi komunikasi menyebabkan pengaruh yang besar terhadap hubungan kehidupan bermasyarakat. Media massa pun sangatlah memiliki peran yang sangat penting dalam berkomunikasi. Berikut beberapa penjelasan tentang media massa :
1.      Media Audio
Media audio merupakan media publisditas yang dapat ditangkap dengan indera telinga atau dapat didengar, contoh : radio, tape recorder, telepon, wawancara dan sebagainya.
2.      Media Visual
Media Visual merupakan media publisditas yang dipergunakan untuk mengadakan hubungan dengan publik, yang dapat ditangkap indera penglihatan, contoh : pameran – pameran foto, slide, surat kabar, bulletin, pamphlet dan sebagainya.
3.      Media Audiovisual
Media Audiovisual merupakan sebgai media yang menyiarkan berita yang dapat ditangkap dengan baik dengan indera mata maupun indera telinga, contoh : televise, film dan sebagainya.
Setiap masyarakat mengalami perubahan sepanjang masa. Perubahan itu ada yang samar, ada yang mencolok, ada yang lambat, ada yang cepat, ada yang sebagai atau terbatas, dan ada yang menyeluruh. Perubahan dapat berupa pergeseran nilai social, perilaku, susunan organisasi, lembaga social, stratifikasi social, kekuasaan dan wewenang dan sebagainya. Semua perubahan itu ada yang maju dan ada yang mundur    ( Syahrial Syarbaini dan Rusdiyanta, 2009:135 ).
Perubahan yang terjadi dalam bidang komunikasi di era globalisasi ini dapat dilihat dari media – media informasi dan komunikasi yang semakin maju berkembang. Perkembangan teknologi yang canggih juga menjadi salah satu penyebab perubahan kebudayaan dalam komunikasi. Di era globalisasi ini segala akses informasi mudah didapatkan tanpa ada batasan yaitu, internet, handphone, facebook, twitter, dan sebagainya. Komunikasi semakin bersifat terbuka dan tanpa mengenal batas Negara dan ini menjadi cirri komunikasi di era globalisasi.
Perubahan komunikasi pun berdampak pada lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat ( tempat tinggal ) dan dalam lingkungan sekolah ( pendidikan ). Berikut penjelasannya :
1.      Lingkungan Keluarga
Dalam lingkungan keluarga, komunikasi globalisasi dapat dilihat dengan adanya Handphone, sekarang di era globalisasi ayah, ibu, dan anak kebanyakan sudah memegang alat komunikasi (handphone) sendiri, dan menggunaka facebook. Dan ini memudahkan orang tua yang akan menghubungi anaknya jika sedang pergi atau memudahkan komunikasi jarak jauh. Ketika hari raya misalnya antara kerabat keluarga bisa memudahkan komunikasi saat jarak mereka jauh jadi tidak perlu datang ke rumah kerabatnya tersebut tetapi lewat handphone dengan bertukar sms. Jadi kebanyakan komunikasi terjadi dengan cara perantara atau sekunder.
 Dampak positif yang nampak dari komunikasi globalisasi tersebut adalah memudahkan informasi yang ingin disampaikan, praktis dan hemat biaya. Sedangkan dampak negatif adalah berkurangnya kontak langsung antara orang tua dan anak yang dapat menyebabkan rasa kekeluargaan meluntur, menjadikan konsumtif karena bila menggunakan handphone harus beli pulsa dan apabila mengikutu tren handphone maka harus mengkocek lebih dalam kantong kita karena handphone seri terbaru terus bermunculan tiap bulannya dan menjanjikan fitur-fitur yang memanjakan seseorang.
2.      Lingkungan Masyarakat ( Tempat Tinggal )
Dalam lingkungan rumah tinggal atau tetangga komunikasi globalisasi adalah media komunikasi yang canggih ini dapat dilihat dari media komunikasi televisi. Di tahun 90an dulu di desa Kalikudi Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap kebanyakan warga waktu itu belum banyak warga mempunyai televisi karena harganya yang cukup mahal. Sehingga warga yang ingin menonton televisi kebanyakan datang ke tempat yang mempunyai televisi.
Hal ini secara tidak langsung juga menyebabkan meningkatnya solidaritas atau hubungan kekeluargaan antar warga di desa tersebut sehingga hampir tiap malam warga desa tersebut bertemu dalam satu tempat untuk menonton televisi. Sedangkan sekarang dengan semakin canggihnya teknologi membuat semakin mudahnya orang membeli televisi dengan harga yang murah. Ini membuat banyak warga Desa Kalikudi sekarang mempunyai televisi setiap rumah. Ini juga menjadikan semakin jarangnya kontak langsung antar warga.
Adanya handphone juga menyebabkan mudahnya komunikasi antar tetangga karena apabila tetangga atau kita butuh bantuannya kita tinggal menghubunginya dengan handphone tersebut.
Dampak positif yang dilihat dari perubahan tersebut adalah menjadikan informasi yang didapat warga semakin mudah dan praktis. Sedangkan dampak negatifnya adalah timbulnya sikap konsumtif warga dengan adanya televisi tersebut mereka melihat berbagai hal menarik yang ingin dimiliki.

3.      Lingkungan Sekolah ( Pendidikan )
Komunikasi Globalisasi di bidang pendidikan diantaranya: dahulu guru mengajar dengan cara yang biasa yaitu dengan metode ceramah atau dengan menuliskan materi di papan tulis; dalam mengajar guru dan siswa harus bertemu langsung atau tatap muka; bagi siswa yang mengerjakan tugas dengan mencari jawaban atau tugasnya dengan membaca buku dan datang langsung ke perpustakaan.
Sekarang guru dimudahkan dengan adanya komputer dan LCD proyektor maka guru tidak susah-susah menuliskan materi di papan tulis cukup dengan menggunakan mediakomputer dan LCD tersebut. Guru dan siswa juga tidak harus bertemu langsung atau tatap muka dalam memberi pelajaran kepada siswa tetapi menggunakan fasilitas internet yaitu dengan modul online ini biasa dilakukan oleh universitas-universitas terbuka. Bagi siswa yang ingin mengerjakan tugas dapat mencari referensi di internet selain dibuku dan siswa menjadi tidak perlu datang langsung menuju perpustakaan.
 Dampak positif dari perubahan sosial budaya tersebut memudahkan guru maupun siswa dalam proses pembelajaran, sedangkan dampak negatifnya adalah adanya ketergantungan pada teknologi, membuat siswa malas membaca buku di perpustakaan, meningkatnya kasus plagiat di kalangan pelajar serta menjadikan malas bagi anak-anak karena banyak hiburan anak yang ditawarkan oleh televisi tersebut sehingga jam belajar terkurangi.


D.    Sejarah dan Perkembangan Facebook
Facebook pertama kali di perkenalkan pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa havard.Dalam waktu 2 minggu setelah di perkenalkan,separuh dari semua mahasiswa Havard telah mendaftar dan memiliki akun di facebook. Bahkan,beberapa kampus lain di sekitar Havard pun meminta untuk di masukkan dalm akun facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan kepada dua teamnya untuk membantu mengembangkan facebook dan memenuhi permintaan kampus - kampus lainnya untuk bergabung dalam jaringanya.Dalam waktu 4 bulan semenjak di luncurkannya facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya.
Dengan kesuksesannya tersebut,Zuckerberg beserta 2 orang temannya memutuskan untuk pindah ke palo alto,California,dan menyewa apartemen di sana.setelah beberapa minggu di palo alto,Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker (Cofounder Napster),dan dari hasil pertemuan tersebut Parker pun setuju pindah ke apartemen facebook untuk bekerja sama mengembangkan facebook.
 Tidak lama setelah itu,Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel(Founder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu $ untuk mengembangkan facebook.
Jumlah akun di facebook terus melonjak,sehingga pada pertengahan 2004  friendster  mengajukan tawaran kepada Zuckeberg untuk membeli facebook seharga 10 juta $ ,dan Zuckerbergpun menolaknya.Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak tawaran tersebut sebab tak lama setelah itu facebook  menerima sokongan dana lagi sebesar 12,5 US $dari Accel Partners. Dan semenjak itu sokongan dana dari investor terus mengalir untuk mengembangkan facebook.
Pada September 2005 facebook tidak lagi membatasi jaringanya hanya untuk mahasiswa. Facebook pun membuka jaringanya untuk para siswa SMU.Beberapa waktu kemudian facebook juga membuka jaringanya untuk para pekerja kantoran. Dan pada akhirnya pada September 2006 facebook membuka pendaftaranya untuk siapa saja yang memiliki alamat e-mail.
Selain menolak tawaran dari friendster seharga 10 juta US $,Zuckerberg juga pernah menolak tawaran dari VIACOM yg ingin membeli facebook seharga 750 juta US $,dan tawaran dari YAHOO yang ingin membeli facebook seharga 1 Milyar US$. Tidak ada situs jejaring sosial yang mampu menandingi daya tarik facebook tehadap User.
Pada tahun 2007,terdapat penambahan 200 ribu penambahan akun perharinya lebih dari 25 juta user aktif menggunakan facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu 19 menit per harinya untuk melakukan aktifitas di facebook.

E.     Dampak Facebook dalam Perubahan Kebudayaan Komunikasi dan Peradaban Masyarakat
Ø  Dampak Positif Facebook
·         Menjalin pertemanan, user dapat menemukan teman – teman mereka yang sudah lama tak berjumpa, mereka bias saling sapa dan reuni dadakan.
·         Facebook mampu memberikan fitur – fitur atau fasilitas yang diberikan untuk memanjakan penggunanya, contoh : game, groups, dan fasilitas yang bias bertambah sewaktu – waktu dengan bertambahnya jumlah pengguna social networking ini.
·         Facebook sebagai wadah alat komunikasi yang sangat demokratis, karena sangat horizontal.
Ø  Dampak Negatif Facebook
§  Masyarakat terbiasa melakukan hal – hal yang praktis, sehingga tidak termotivasi untuk melakukan hal – hal yang sulit.
§  Masyarakat cenderung lupa waktu sehingga pola hidup tidak teratur.
§  Masyarakat cenderung tidak berinteraksi secara langsung dengan orang lain dan lingkungan.
§  Pemanfaatan untuk kegiatan negatif
§  Dalam masyarakat akan timbul kesalahpahaman
§  Kecenderungan seseorang menggunakan facebook sebagai media komunikasi membuat interaksi tatap mukanya dengan orang lain tidak baik.

F.      Analisis Kasus Facebook
1.      Kasus Peculikan
Di Indonesia, khususnya kota Jakarta telak marak terjadi penculikan anak yang disebabkan oleh facebook. Sepanjang Januari hingga Februari 2010, Komisi Nasional Perlindungan Anak mendapatkan 36 laporan terkait kasus anak yang menjadi korban penculikan facebook.
Selain untuk perdagangan anak, juga muncul kasus pemerkosaan. Seharusnya peran orang tua dalam masalah atau problema – problema anak dapat diselesaikan dengan baik. Bukan dengan cara anak tersebut jauh lebih nyaman untuk berbagi cerita atau pengalaman pribadi atau masalah kepada teman di jejaring sosial facebook. Serta peran pemerintah pun sangat penting untuk dapat membatasi siapa saja yang boleh menggunakan jejaring sosial facebook.
2.      Kasus Perceraian
Dalam catatan kasus dunia yang disebabkan oleh facebook, tingkat perceraian pasangan suami istri menjadi nomor satu. Pasalnya dikarenakan sang pasangan merasa cemburu dengan pesan atau tulisan – tulisan facebook kepada orang lain yang menggoda. Seharusnya kita harus saling percaya dengan pasangan hidup kita dan lebih dewasa dalam menghadapi permasalahan – permasalahan sosial dan permasalahan – permasalahan pribadi.

G.    Cara Pandang Pengguna Facebook
Sama dengan situs – situs pertemanan di dunia maya lainnya, facebook hadir ditengah – tengah masyarakat luas pada umumnya dan mahasiswa pada khususnya adalah untuk memudahkan pertemanan, komunikasi, dan melebarnya jaringan atau koneksi dan memudahkan masyarakat satu dengan yang lainnya dalam pemenuhan kebutuhan sebagian makhluk sosial yang saling bergantung.

H.    Hasil Penelitian
Setelah melakukan penelitian melalui kuisioner untuk kalangan masyarakat umum, contoh : pegawai, pelajar, dan mahasiswa. Hasil kuisioner adalah sebagai berikut :
o   Dari 7 orang, semua memiliki akun
o   Dari 7 orang, hanya 2 orang saja yang tidak gemar berkomunikasi melalui facebook
o   Dari 7 orang, hanya 1 orang yang tidak setuju dengan pernyataan bahwa  facebook telah merubah kebudayaan masyarakat Indonesia
o   Dari 7 orang, 2 orang mengatakan bahwa sebanding antara dampak negatif dan positif facebook, 2 orang mengatakan bahwa lebih banyak dampak positif daripada dampak negatif facebook, 3 orang mengatakan bahwa lebih banyak dampak negatif daripada dampak positif facebook.
Maka dapat disimpulkan bahwa sebagai berikut :
1.      Masyarakat mengetahui dan menggunakan facebook.
2.      Masyarakat sadar bahwa facebook merubah kebudayaan masyarakat Indonesia
3.      Masyarakat percaya bahwa facebook lebih banyak membawa dampak negatif kepada masyarakat luas.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Pada BAB II tentang pembahasan dapat disimpulkan bahwa globalisasi sangat berpengaruh pada kebudayaan dan peradaban masyarakat Indonesia. Serta dalam bidang komunikasi, bahwa facebook sebagai jejaring sosial pun memberi pengaruh kepada perubahan kebudayaan dan peradaban masyarakat Indonesia.
B.     Saran
Sebagai warga Negara Indonesia, kita harus dapat menyeleksi mana yang baik dan yang buruk agar tidak mudah terjerumus atau tersaring dalam globalisasi dunia. Serta untuk pemerintah, haruslah membuat Undang – Undang atau peraturan – peraturan untuk dapat membatasi penggunaan – penggunaan internet dan jejaring sosial.


                           SEMOGA BERMANFAAT UNTUK                                                         RAKYAT INDONESIA ^^                                 



0 komentar:

Poskan Komentar

My Blog List

SELAMAT DATANG ^^

Assalamualaikum wr wb

Terima Kasih sudah berkunjung kemari ^^
SEMOGA BERMANFAAT !


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

About Me

Levina Saputri Wulansari (sesuai KTP)
2012 >> Mahasiswa di salah satu Universitas Negeri, UNSOED. Berada di jurusan Ilmu Komunikasi yang berbau berita jurusan paling santai (waktu SMA), sekarang di semester 2 ~ ke semester 3 ^^ #wish# cepat wisuda AAAMMIIN
Lihat profil lengkapku

Followers